UNGGUL DALAM IPTEK BERPRESTASI DALAM IMTAQ

Rabu, 29 Februari 2012

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III

Latar Belakang

  • nPeserta didik kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) sehingga pembelajarannya masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya
  • nPelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD  kelas I – III yang terpisah untuk setiap mata pelajaran, akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik
  • nTerdapat permasalahan pada kelas awal (I-III) antara lain adalah tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah. 
Pengertian
  • nPembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik.
  • nTema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran. 
 Tujuan
  • nMemusatkan perhatian peserta didik mudah pada suatu tema materi yang jelas;
  • nMengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama;
  • nPemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
  • nMemudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan bahan ajar yang efektif.
Manfaat Pembelajaran Tematik 
  • nMenghilangkan tumpang tindih bahan ajar.
  • nPeserta didik memahami hubungan yang bermakna antar mata pelajaran.
  • nPembelajaran menjadi utuh oleh peserta didik akan mendapat pengertian mengenai konsep dan materi yang tidak terpecah-pecah.
  • nPenguasaan konsep oleh peserta didik akan semakin baik meningkatan
Karakteristik Pembelajaran Tematik
  • nBerpusat pada peserta didik
  • nMemberikan pengalaman langsung
  • nTidak terjadi pemisahan mata pelajaran
  • nMenyajikan konsep yang terpadu dari berbagai mata pelajaran
  • nBersifat fleksibel
  • nProses pembelajaran mudah disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik
  • nMenggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
Implikasi Pembelajaran Tematik
Implikasi bagi:
  • nGuru : harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi peserta didik, memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh.
n
  • nPeserta didik: harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal dan mengikuti secara aktif kegiatan pembelajaran yang bervariasi.
Sarana prasarana, sumber belajar dan media:
  • nMemerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar. 
  • nMemanfaatkan berbagai sumber belajar
  • nMengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang   bervariasi
  • nMasih dapat menggunakan bahan ajar yang sudah ada saat ini untuk masing-masing mata pelajaran dan menggunakan buku suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang terintegrasi 
Pengaturan ruang kelas:
  • nRuang perlu ditata disesuaikan dengan tema yang sedang   dilaksanakan.
  • nSusunan bangku peserta didik dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
  • nPeserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/ karpet
  • nDinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
  • nAlat, sarana dan sumber  belajar hendaknya dikelola sehingga memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembali.
Pemilihan metode : pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai variasi metode (percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap) baik di dalam kelas maupun di luar kelas
Klik disini untuk mendownload perangkat pembelajaran tematik kelas I yang terdiri dari RPP, Silabus, Prota, Prosem, Pemetaan dan Jaringan tematik. 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar