Latar Belakang
- nPeserta didik kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) sehingga pembelajarannya masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya
- nPelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD kelas I – III yang terpisah untuk setiap mata pelajaran, akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik
- nTerdapat permasalahan pada kelas awal (I-III) antara lain adalah tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah.
Pengertian
- nPembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik.
- nTema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran.
- nMemusatkan perhatian peserta didik mudah pada suatu tema materi yang jelas;
- nMengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama;
- nPemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
- nMemudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan bahan ajar yang efektif.
- nMenghilangkan tumpang tindih bahan ajar.
- nPeserta didik memahami hubungan yang bermakna antar mata pelajaran.
- nPembelajaran menjadi utuh oleh peserta didik akan mendapat pengertian mengenai konsep dan materi yang tidak terpecah-pecah.
- nPenguasaan konsep oleh peserta didik akan semakin baik meningkatan
- nBerpusat pada peserta didik
- nMemberikan pengalaman langsung
- nTidak terjadi pemisahan mata pelajaran
- nMenyajikan konsep yang terpadu dari berbagai mata pelajaran
- nBersifat fleksibel
- nProses pembelajaran mudah disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik
- nMenggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
Implikasi bagi:
- nGuru : harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi peserta didik, memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh.
- nPeserta didik: harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal dan mengikuti secara aktif kegiatan pembelajaran yang bervariasi.
Sarana prasarana, sumber belajar dan media:
- nMemerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar.
- nMemanfaatkan berbagai sumber belajar
- nMengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi
- nMasih dapat menggunakan bahan ajar yang sudah ada saat ini untuk masing-masing mata pelajaran dan menggunakan buku suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang terintegrasi
Pengaturan ruang kelas:
- nRuang perlu ditata disesuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan.
- nSusunan bangku peserta didik dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
- nPeserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/ karpet
- nDinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
- nAlat, sarana dan sumber belajar hendaknya dikelola sehingga memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembali.
Pemilihan metode : pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai variasi metode (percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap) baik di dalam kelas maupun di luar kelas
Klik disini untuk mendownload perangkat pembelajaran tematik kelas I yang terdiri dari RPP, Silabus, Prota, Prosem, Pemetaan dan Jaringan tematik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar